Kamis, 06 April 2017

TABULAMPOT (TANAMAN BUAH DALAM POT)



Halo, apa kabar ?? semoga sehat selalu yahh. Kali ini penulis akan akan membuat artikel tentang TABULAMPOT. Apa sih tabulampot ? tabulampot merupakan tanaman buah dalam pot. Loh, apa bisa buah ditanam di pot ? tentu bisa dong karena tabulampot biasa digunakan untuk masyarakat yang menyukai bidang pertanian akan tetapi mereka mempunyai lahan yang sempit, nah tabulampot ini bisa dijadikan hobi juga lohh dirumah, lumayan juga kan kalo hasilnya cukup tinggi.
Saat ini tabulampot sudah banyak digemari lohh, karena mereka tidak perlu repot-repot beli buah, apalagi yang buah musiman atau buah impor kalo beli pasti mahal harganya. Tanaman buah dalam pot memiliki kelebihan dibandingkan tanaman buah yang ditanam langsung di tanah. Kelebihannya yaitu : 


1.     Tabulampot bisa diletakkan dimanapun sesuai keinginan
2.     Tabulampot tidak memerlukan lahan khusus, cukup halaman depan rumah anda saja         maupun      belakang halaman rumah dan yang pasti yang punya lahan sempit.
3.     Tabulampot cocok digunakan untuk masyarakat yang tinggal diperkotaan atau masyarakat yang tinggal di perumahan yang memiliki lahan terbatas.
4.    Tabulampot akarnnya tumbuh didalam pot dan cepat berbuah karena akar tidak tumbuh dengan leluasa.
5.     Panennya pun cukup mudah dilakukan. 

Nah, peluang bisnis tabulampot pun menggiurkan, karena permintaan tabulampot yang semakin tinggi namun persediaan masih terbatas. Perlu Anda tahu memulai usaha tabulampot tidak memerlukan biaya yang besar. Bagaimana merawat tabulampot agar berbuah lebat ? yang pertama yaitu penyiraman, penyiraman tabulampot harus dilakukan secara rutin. Pasa musim hujan disiram cukup 1 kali sehari dan pada musim kemarau memerlukan penyiraman hingga 2 kali sehari. Apabila Anda menggunakan air PAM maka dianjurkan untuk di endapkan dulu semalaman karena air PAM mengandung kaporit. Saat tabulampot berusia muda membutuhkan air dengan jumlah yang sedikit dibandingkan dengan tanaman dewasa.
Perawatan yang kedua yaitu pemupukan, perlakuan pemupukan dapat memacu tabulampot berbuah diluar musimnya. Perlakuan tersebut dengan menggunakan pupuk organic, terutama dari hewan contonya : kotoran ayam atau kotoran sapi, bias juga dari tulang ikan yang sudah ditumbuk halus. Mengapa pupuk organic sangat disarankan ? karena pupuk organik dari hewan ini kaya kandungan fosfor dan kalium.
Kemudian pemangkasan yang bertujuan agar tanaman tampak kokoh, agar cabang dan pertumbuhannya seimbang, untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan. Sedangkan manfaatnya yaitu menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi, mampu menjaga kelembaban tanaman sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Yang keempat yaitu pelilitan, bagian tanaman yang dililit yaitu bagian batang primer maupun pada batang sekundernya. Alat yang digunakan biasanya tali ijuk atau kawat. Perawatan yang kelima pelukaan batang yang dilakukan dengan tujuan untuk menghalangi proses pengangkutan hasil fotosintesis berupa karbohidrat ke bagian akar sehingga terjadilah pemusatan zat-zat makanan ke cabang-cabang daun. Perlukaan batang bias dilakukan pada pangkal batang dengan melakukan pencacahan maupun membuat keratin terbuka selebar 10 cm melingkar ke batang pohon.
Nah itulah yang bisa saya ketik, penulis meminta maaf apabila dalam penulisan terdapat kata-kata yang salah, ataupun kurang lengkap. Terima kasih.

Sumber |: Muktiani.(2011). TABULAMPOT Tanaman Buah Dalam Pot. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar